Blogger Widgets Rangga's Blog: Tulisan 2
Subscribe:

Ads 468x60px

Tulisan 2



Assalamu Alaikum !!!
Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca. meskipun dalam pembuatannya masih terdapat beberapa kekurangan, disini saya akan membahas Apa itu Join Venture, Holding Company, Go Public dan Anak Perusahaan beserta contoh contoh perusahan maupun badan yang telah melakukannya.
          Panjang - Pendeknya kata untuk mempersingkat , marilah kita membahas langsung pokok permasalahan sebagaimana berikut !!!!!!!



1] Joint Venture

            Joint venture merupakan suatu kerjasama antar beberapa perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekomomi yang lebih padat.  Joint venture dapat disebut juga sebagai aliansi strategis (strategic alliances) dan bisa dilakukan oleh perusahaan besar selain itu dapat menjadi strategi yang efektif untuk memanfaatkan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh partner.

CIRI UTAMANYA :
-    Kegiatan yang dilakukan oleh salah seorang partner masih tetap mengikat partner yang lain.
-    Kewajiban semua pihak dalam joint venture dapat dimasukkan dalam jenis partnership.

TUJUANNYA :
- Untuk menciptakan sebuah perusahaan dengan kombinasi mitra 'lokal' yang memiliki     ___pengetahuan khusus pasar dan visibilitas tinggi.


________________________________________________________________
  Contoh perusahaan atau organisasi yang melakukan JOINT VENTURE. Berikut ini :
________________________________________________________________

[A] Joint Venture dari perusahaan percetakan atau perusahaan pengemasan berbasis kontrak    ___dengan perusahaan mitra.

[B]  Diambil Dari STOCK NEW
http://www.iqplus.info/box_detailnews.php?id=54063638&csection=stock_news

AGIS TANDATANGANI KESEPAKATAN JOINT VENTURE DENGAN XINJIFU

IQPlus - Sejalan dengan filosofi investasi PT Agis Tbk. (“Agis untuk meningkatkan nilai bagi pemegang sahamnya, Agis akan terus mencari kesempatankesempatan untuk mewujudkan tujuannya. Sebelumnya Agis telah mengumumkan kepada publik niatnya untuk melakukan diversifikasi ke sektor energy dan sumberdaya alam. Baru-baru ini Agis telah mengambil langkahnya kesana dengan melakukan kesepakatan Joint Venture dengan Fujian Xinjifu Enterprise Co.,Ltd. (“Xinjifu”), suatu perusahaan investasi asal Chin a.Dalam Joint Venture ini, Agis dan Xinjifu bersama-sama akan berinvestasi pada beberapa aset dan operasi pertambangan di Indonesia. Penandatanganan kesepakatan Joint Venture telah dilakukan pada tanggal 17 Desember 2011 di Fuzhou, China, dengan diwakili oleh Direktur Utama PT Agis Tbk, Steven Kesuma dan General Manager dari Fujian Xinjifu Enterprise Co.Ltd.,_Mr._Liu_Qunxian.

" Melalui Joint Venture ini, Agis bersama Xinjifu akan melakukan investasi pada sektor pertambangan yang prospektif di Indonesia," ujar Direktur Utama PT Agis Tbk, Steven Kesuma, dalam acara public expose_Perseroan_yang_telah_dilaksanakan,_di_Jakarta,_Selasa.

Beliau mengungkapkan, Agis dan Xinjifu akan segera membentuk perusahaan Joint Venture dengan modal dasar sebesar USD 50 juta, nantinya Agis akan menguasai 51% (lima puluh satu persen) kepemilikan pada perusahaan Joint Venture tersebut. Sementara Xinjifu akan menguasai 49% (empat puluh_sembilan_persen)_kepemilikan_sisanya.

Agis juga tengah mendiskusikan kesepakatan untuk memperoleh dukungan dari beberapa BUMN di China pada upaya diversifikasinya melalui joint venture bersama Xinjifu pada bisnis sumber daya alam ini. Dua BUMN asal China yang tengah berdiskusi dengan Agis antara lain: Guangdong Machinery Imp.&Exp. Co. Ltd. (“GMG”) sebagai pendukung dalam hal eksploitasi/produksi, kemudian Shandong Zhengyuan Geological Exploration Institute (“ZYDK”) sebagai pendukung dalam hal_eksplorasi.

Agis juga telah menandatangani kesepakatan tiga pihak untuk Import/Export & Cooperation Agreement dengan GMG International Engineering & Equipment Co., Ltd. serta Sterling Goldhill Sdn. Bhd. untuk mendukung eksplorasi dan eksploitasi pada proyek tambang emas Agis. GMG International Engineering & Equipment Co., Ltd. merupakan anak perusahaan dari Guangdong Machinery_Imp.&Exp._Co._Ltd.

Agis akan segera menindaklanjuti kesepakatan exclusivity agreement sebelumnya dengan pemilik tambang emas di Sumatera Barat untuk mengakuisisi mayoritas saham pada pertambangan emas tersebut. Perusahaan Joint Venture akan segera mulai memproduksi alluvial pada tambang emas tersebut. Agis juga akan melanjutkan eksplorasi yang lebih mendalam pada konsesi tambang emas lainnya_di_Sumatera.

Seperti diketahui, Saham TMPI pada Selasa, 20 Desember 2011, masuk saham teraktif diperdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan transaksi saham mencapai 6.458 kali atau senilai Rp21,3 miliar dengan volume 154,7 juta saham. Saham TMPI berhasil ditutup menguat 22 poin menjadi Rp160 per saham dari penutupan pada tanggal 19 Desember 2011 Rp138 per saham.



2] Holding Company

            Disebut Holding Company, terjadi karena ada suatu perusahaan dalam kondisi yang baik secara finansial kemudian membeli saham–saham dari perusahaan lain. Atau terjadi pengambilalihan kekuasaan dan kekayaan dari suatu perusahaan ke Holding Company (Perusahaan Induk). Holding Company sendiri adalah perusahaan induk yang memiliki saham pada beberapa anak perusahaan.

SEJARAH HOLDING COMPANY :
Holding Company dimulai sejak tahun 1889, Ketika Nem Jersey menjadi Negara Bagian pertama yang memberlakukan Undang-undang yang mengijikkan pembentukan perusahaan dengan tujuan utamanya memiliki saham perusahaan lain. Menurut Bringham & Houston (2001; 413) Holding company adalah Korporasi yang memiliki Saham biasa perusahaan lain dalam jumlah yang cukup sehingga dapat menggendalikan perusahaan tersebu Hadori Yunus (1990) mendefinisikan Holding company sebagai suatu perusahaan yang dibentuk dengan tujuan khusus untuk memiliki saham-saham dan mengendalikan operasi perusahaan lain. Sumber pendapatan utama bagi Holding Company adalah pendapatan deviden dari saham-saham yang dimilikinya. Akan tetapi suatu holding company bisa saja mempunyai usaha sendiri disamping memiliki saham di beberapa perusahaan lainnya, atau biasa disebut dengan “Operating­_Holding­_Company” Sedangkan perusahaan-perusahaan yang manajemen dan operasionalnya dikendalikan oleh perusahaan induk disebut dengan sebagai Perusahaan Anak (Subsidiary Company). Hubungan antara perusahaan induk dan perusahaan anak disebut Hubungan Affiliasi.

CIRI UMUMNYA :
-  Menyerahkan pengelolaan bisnis yang dimilikinya pada manajemen yang terpisah.

KELEBIHAN HOLDING COMPANY :
a) Pengendalian dengan kepemilikan sebagian. Melalui operasi holding company, sebuah perusahaan dapat membeli 5, 10, atau 50% saham perusahaan lain. Kepemilikan sebagian (Fractional ownership) tersebut mungkin sudah mencukupi untuk dapat mengendalikan secara efektif operasi perusahaan yang sahamnya dibeli. Pengendalian kerja sering memerlukan pemilikan saham biasa lebih dari 25 %. Akan tetapi kepemilikan tersebut bisa saja hanya 10%. Seorang ahli keuangan menyatakan bahwa sikap manajemenlebih penting daripada jumlah saham yang dimiliki : “Jika manajemen berpendapat bahwa Anda dapat mengendalikan perusahaan tersebut, maka Andalah yang mengendalikan”. Selain itu, pengendalian berdasar marjin yang sangat kecil dapat dipertahankan melalui hubungan dengan pemegang saham yang besar diluar kelompok holding company_bersangkutan.

b) Pemisahan Resiko. Karena berbagai perusahaan operasi (operating company) dalam sistem holding company merupakan badan hukum terpisah, maka kewajiban dalam setiap unit terpisah dari setiap unit lainnya. Karena iitu kerugian fatal yang yang dialami suatu unit holding company tidak bisa dibebankan sebagai klaim atas aktiva unit lainnya. Akan tetapi meskipun gambaran umumnya demikian, namun hal itu tidak selalu berlaku. Pertama, Perusahaan induk (Parent company) mungkin saja merasa wajib untuk menyelesaikan utang anak perusahaan, meskipun secara hukum tidak terikat untuk itu, demi menjaga nama baik dan_mempertahankan_para_pelanggan.

KELEMAHAN HOLDING COMPANY :
a) Pajak berganda parsial. Apabila holding company memiliki sekurang-kurangnya 80 % saham anak perusahaan yang mempunyai hak suara, maka peraturan pajak Amerika Serikat memperbolehkan penyerahan surat pemberitahuan pajak terkonsolidasi, yang berarti bahwa yang diterima perusahaan induk tidak kena pajak. Akan tetapi, jika kepemilikan saham kurang dari 80%, maka surat pemberitahuan pajak tidak dapat dikonsolidasikan. Perusahaan yang memiliki lebih dari 20% tetapi kurang dari 80% dividen yang diterima, sedang perusahaan yang memiliki kurang dari 20% hanya dapat mengurangkan 70% dari dividen yang diterima. Pengenaan pajak berganda parsial ini sedikit banyak mengurangi keunggulan holding company yang dapat mengendalikan anak perusahaan dengan kepemilikan terbatas, tetapi apakah denda pajak tersebut lebih besar dari keunggulan holding company lainnya merupakan masalah yang harus ditentukan kasus per kasus.

b) Mudah dipaksa untuk melepas saham. Relatif mudah untuk menuntut dilepaskannya anak perusahaan dari holding company apabila kepemilikan saham itu ternyata melanggar Undang-undang antitrust. Namun, Jika keterpaduan operasi sudah terjadi akan jauh lebih sulit untuk memisahkan kedua perusahaan tersebut setelah bertahun-tahun menjalin hubungan, yang berarti bahwa kemungkinan divestitur secara paksa akan diperkecil.
Sedangkan menurut yusuf sofyan (majalah PELUANG; edisi Maret 2002) Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari adanya penggabungan

KEUNTUNGAN HOLDING COMPANY :
a)Perusahaan Anak dapat diatur dengan sistem yang seragam dan pengendalian terpusat.
b)Perusahaan Induk bertanggung jawab terhadap pembinaan, penyediaan perangkat sistem, perangkat hukum, penelitian & pengembangan, penyediaan modal kerja & SDM dan lain-lain kepada_Perusahaan_Anak.
c)Unit usaha dipimpin oleh Direktur anak perusahaan yang bertanggung terhadap pelaksanaan kegiatan operasional, proses produksi dan pemasaran dan kegiatan-kegiatan rutin yang hanya terkait dengan kegiatan dalam unit usaha yang dikelolanya.
d)Sistem Informasi manajemen dan keuangan ditetapkan secara seragam dan tetap memperhatikan karekteristik usaha masing-masing perusahaan anak, hal tersebut menimbulkan adanya standar sistem pengendalian intern yang baik, komite audit intern dapat dibentuk
_di_perusahaan_Induk.
e)Sistem yang sama tersebut sekaligus dapat dipakai sebagai tolak ukur penilaian kinerja manajer perusahaan anak, sehingga dapat memacu adanya persaingan yang sehat diantara anak perusahaan. Khususnya dalam pencapaian laba, dan sebagai dasar promosi jabatan.
f)Kemandirian resiko
g)Hak pengawasan yang lebih besar
h)Pengontrolan yang lebih mudah dan efektif
I)Operasional yang lebih efisien
J)Kemudahan sumber modal
K)Keakuratan keputusan yang diambil

Kelebihan, Kelemahan, Keuntungan Holding Company diambil dari : yusufsofyan.blogspot.com

MANFAAT PEMBENTUKAN HOLDING :
a. Mendorong proses penciptaan nilai (market value creation) dan value enhancement
b. mensubstitusi defisiensi manajemen pada anak-anak perusahaan
c. mengkoordinasikan langkah agar dapat akses ke pasar internasional
d. mencari sumber pendanaan yang lebih murah
e. mengalokasikan kapital dan melakukan investasi yang strategis
f. mengembangkan kemampuan manajemen puncak melalui cross-fertilization.

FAKTOR PENENTU HOLDING COMPANY :
1. Pemilikan Saham
2. Perjanjian
3. Faktor Faktual.


Contohnya :
[A]
HOLDING COMPANY BUMN PERKEBUNAN

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan daya saing perkebunan Indonesia sebagai persyaratan untuk dapat menembus pasar dunia adalah dengan membentuk holding untuk BUMN yang sejenis  termasuk  BUMN  Perkebunan. Strategi pembentukan holding bertujuan untuk meningkatkan nilai BUMN dalam Rangka peningkatan efisiensi dengan harapan kinerja BUMN Perkebunan akan baik.

Pemerintah melalui Kantor Menneg BUMN telah membuat master plan penggabungan usaha PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) sampai PT Perkebunan Nusantara XIV (PTPN XIV) menjadi dua perusahaan induk yakni holding PTPN Barat dan PTPN Timur, namun program yang direncanakan terealisasi pada 2005 itu hingga sampai saat ini belum terbentuk.

Diambil dari : IPB Adobe Reader dan ...


[B] HOLDING COMPANY PERUSAHAAN DAERAH


3] Go Public
adalah organisasi yang bisa di bilang berhasil dalam memajukan suatu Organisasi, karena tingkat keefektifan dan eksistensi suatu Organisasi akan naik. untuk mencapai tahapan ini tentu saja ada rencana untuk melakukannya. biasanya Organisasi akan membuat perencanaan untuk organisasinya seperti :
  • Memperbaiki struktur dalam Organisasi
  • Meningkatkan Kapasitas Produksi Organisasi
  • Memperluas jaringan Organisasi
  • Memperluas hubungan kerjasama Organisasi
  • Memperluas hubungan bisnis dengan mitra kerja Organisasi
  • Memperbaiki sistem Permodalan, sistem Informasi dan dokumen Organisasi
Contohnya :
[A] Perusahaan Telkom
[B[ BUMN
-         Perusahaan Jawatan(Perjan)
-         Perusahaan Umum (Perum)
-         Perusahaan Perseroan(Persero)
[C] Pt Sritama Boga Prima
[D] PT. Health Today Indonesia (Food & Beverage)
[E] PT. Bank Himpunan Saudara1906 (Financial Services (banking, securities, etc))
[F] PT. Bank Mandiri Tbk (Retail Sales/Services)à penyedia tenaga kerja untuk perbankan & leasing
[G] PT. Kensign Jaya Mandiri
[H] PT. Kaltim Prima Coal(Kpc) (Energy/Power/Water/Waste Management)



4] Anak Perusahaan
adalah sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh sebuah perusahaan yang terpisah yang lebih tinggi. Perushaan yang dikendalikan disebut sebagai perusahaan, korporasi, atau perseroan terbatas, dan dalam beberapa kasus dapat menjadi pemerintah atau perusahaan milik negara, dan pengendalian Perusahaan disebut induknya (atau induk perusahaan).

Contohnya :
[A] PT RAILINK merupakan anak perusahaan dari PT KERETA API INDONESIA
[B] PT Indonesia Power (IP)
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.18
Jakarta Selatan 12950, Indonesia
Bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait. Berdiri tanggal 3 Oktober 1995 dengan nama PT PJB I dan pada tanggal 1 September 2000 berubah menjadi PT Indonesia Power.
Anak Perusahaan PT IP adalah:
·            PT Cogindo Daya Bersama bergerak di bidang usaha cogeneration, distribute generation dan  
       jasa operation & maintenance.
·            PT Artha Daya Coalindo bergerak di bidang usaha trading dan jasa transportasi batubara.
·            PT Indo Pusaka Berau dengan kegiatan usaha penyediaan listrik dari produksi PLTU Lati di Berau, Kaltim.
[C] PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB)
Jl. Ketintang Baru No.11
Surabaya 60231, Indonesia
Bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait. Berdiri tanggal 3 Oktober 1995 dengan nama PT PJB II dan pada tanggal 1 September 2000 berubah menjadi PT PJB.
Anak perusahaan PT PJB yang bergerak di bidang operasi dan pemeliharaan yaitu :
PT Pembangkitan Jawa Bali Services yang berdomisili di Surabaya.
[D] PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PT PLN Batam)
Jl. Engku Putri No.3
Batam Center, Batam 29432, Indonesia
Berdiri tanggal 3 Oktober 200 dan bergerak dalam usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di wilayah Pulau Batam.
[E] PT Indonesia Comnets Plus (PT ICON +)
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.18
Jakarta 12950, Indonesia
Berdiri tanggal 3 Oktober 2000 dan bergerak dalam bidang usaha telekomunikasi.
[F] PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (PT PLN Tarakan)
Jl. P.Diponegoro No.1
Tarakan, Kalimantan Timur, Indonesia
Didirikan tanggal 15 Desemberr 2003 dan bergerak dalam usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di wilayah Pulau Tarakan.
 [G] PT PLN Batubara
Gedung PLN Pusat
Jl. Trunojoyo Blok M I/135, Gedung I Lantai 3
Jakarta 12160, Indonesia
PT PLN Batubara didirikan tanggal 3 September 2008 dan merupakan anak perusahaan yang bergerak di bidang usaha tambang batubara sebagai bahan utama dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).
[H] PT PLN Geothermal
PT PLN Geothermal adalah anak perusahaan PLN yang bidang usahanya terfokus kepada usaha penyediaan tenaga listrik terbarukan, melalui kegiatan pengembangan dan pengoperasian pembangkit tenaga listrik panas bumi yang ekonomis bermutu tinggi dengan keandalan yang baik.
 [I] PT Geo Dipa Energi (PT GDE)
Jl. Karawitan No.32
Bandung 40264, Indonesia
Perusahaan patungan PLN-PERTAMINA, bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik terutama yang menggunakan energi panas bumi.
 [J] Majapahit Holding BV
Herengracht 450, 1017 CA Amsterdam
The Netherlands
Majapahit Holding BV didirikan tanggal 3 Oktober 2006 dan merupakan suatu lembaga keuangan yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda.
[K] PT Bank Syariah Mandiri merupakan anak perusahaan dari ex-legacy BDN
[L] PT Usaha Gedung Bank Dagang Negara
[M] PT Mandiri Sekuritas
[N] PT Bumi Daya Plaza
[O] PT Bank Sinar Harapan Bali (BSHB)
[P] PT Elnusa, Penyertaan Pertamina : 41,1%. terlibat dalam pengolahan dan penjualan produk __minyak dan gas, konstruksi, telekomunikasi, teknologi informasi, desain komputer, serta jasa __untuk industri minyak dan gas.
 [Q] PT. PERTAMINA EP, Penyertaan Pertamina : 99,99%; bergerak di bidang Eksplorasi dan Produksi __Minyak Dan Gas
[R] PT. Pertamina EP Cepu
[S] PT. Pertamina EP Cepu , (Penyertaan Pertamina : 99%)
__Usaha dibidang minyak dan gas bumi serta kegiatan terkait di wilayah kerja blok Cepu.
[T] PT. Pertamina Hulu Energi
__Dahulu bernama PT. Aroma, bergabung dengan Penyertaan Pertamina :  98.72%, bergerak __dibidang Minyak Hilir, Gas, dan operasi Geothermal. Saat ini belum online, tetapi diperkirakan __menjadi kendaraan bisnis hulu.
[U] PT. Pertamina Geothermal Energy (Penyertaan Pertamina : 90%)
__Bergerak dalambidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi; __eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, __operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.
[V] PT. Pertamina Drilling Service Indonesia
__Pertamina Drilling Sevices Indonesia yang merupakan salah satu bagian PT.Pertamina (Persero), __bergerak di bidang Drilling Services sesuai dengan namanya, Drilling Services yang dimaksud __adalah pekerjaan Pemboran dan Kerja Ulang Pindah Lapisan sumur-sumur migas dan __geothermal.
[W] PT. Pertagas (Penyertaan Pertamina : 99%)
__Bergerak di bidang hilir minyak & gas bumi
[X] PT. Usayana
__Penyertaan Pertamina : 95%; diturunkan dari PERTAMINA dan yayasan terkait; dahulu anak-anak __perusahaan Pertamina yaitu Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP) dan saat ini __menjadi perusahaan induk, bergerak di bidang Leasing Drlling Oil Rig dan peralatan untuk __Minyak Perusahaan Pertambangan. .
[Y] PT. Patra Niaga (PT. Elnusa Harapan)
__Pertamina Hak Partisipasi : 98.04%; Bergerak di bidang Teknology, Perdagangan Non Fuel dan __Jasa Industri bidang Minyak dan Gas.
[Z] PT. Pertamina Retail
__Pertamina Hak Partisipasi : 99,97 %, Merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero) yang __bergerak di bidang usaha Retail Pertamina,  khususnya  bisnis SPBU, serta melaksanakan usaha __dan pengembangan Non Fuel Retail (NFR) termasuk Bright ( Bright Café, Bright C. Store, Bright __Wash dan Bright Oli mart).




KESIMPULANNYA :
1.      Bentuk kerjasama Joint Venture bisa menjadi strategi yang efektif untuk memanfaatkan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh partner.
2.      Pembentukan Holding Company bisa jadi sebagai jawaban atas kelemahan-kelemahan pengelola usaha untuk menjalankan usahanya secara professional dengan tingkat perencanaan, pengendalian dan evaluasi yang bagus.. Holding Company sering terjadi pada Perusahaan-Perusahaan Daerah.
3.      Bagi perusahaan untuk mencapai tahapan Go Public diperlukan rencana-rencana yang matang.
4.      Anak Perusahaan merupakan bagian dari Holding Company

Blogger news

English French German Spain
Italian Dutch Russian Portuguese
Japanese Korean