Blogger Widgets Rangga's Blog: Pasar Persaingan Sempurna
Subscribe:

Ads 468x60px

Pasar Persaingan Sempurna

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA



I
PENDAHULUAN


     Pasar merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli, Dengan menggunakan uang sebagai alat transaksi. Jenis dari pasar bermacam-macam. Pada kali saya akan membahas mengenai pasar persaingan sempurna. Pada pasar ini permintaan dan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Dilihat dari harga pasar yang terbentuk dari hasil keinginan pembeli (Konsumen) dan penjual (Produsen). Keinginan pembeli berarti permintaan sedangkan keinginan penjual berarti penawaran.

     Didalam pasar ini barang yang dijual relatif sama atau bersifat homogen, harganya pun bisa dibilang rata-rata. Tidak ada yang kemahalan dan tidak ada yang terlalu murah. Penjual dan pembeli di dalam pasar ini pun berjumlah banyak bisa diartikan penjual dan pembeli seimbang. Sehingga tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Bila penjual ingin menurunkan harga maka ia akan rugi dan jika penjual ingin menaikkan harga maka pembeli akan berpindah ke penjual lainnya. Oleh sebab itu penjual berperan sebagai price-taker. 



II
TEORI

 
A. Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
      Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, ataukah dari produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk

B. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
- Penjual bersifat sebagai pengambil harga (price taker)
- Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
- Posisi tawar konsumen kuat
- Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
- Sensitif terhadap perubahan harga
- Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
 



III
PEMBAHASAN


Keuntungan dari Pasar Persaingan Sempurna : 
1.  MEMAKSIMALKAN EFISIENSI
    Efisiensi yang dimaksud mencakup 2 aspek, yaitu :
a. Efisiensi produktif --> Untuk mencapainya harus dipenuhi dua syarat
  1. Untuk setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan adalah yang paling minimum. Untuk ___  menghasilkan suatu tingkat produksi berbagai corak gabungan faktor-faktor produksi dapat ___  digunakan. Gabungan yang paling efisien adalah gabungan yang mengeluarkan biaya yang _
        paling sedikit. Syarat ini harus dipenuhi pada setiap tingkat produksi.
  2. Secara keseluruhan industri harus memproduksi barang pada biaya rata-rata yang paling ____rendah, yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling rendah. Apabila suatu industri ____mencapai keadaan tersebut maka tingkat produksinya dikatakan mencapai tingkat efisiensi ____produksi yang optimal, dan biaya produksi yang paling minimal.

b. Efisiensi Alokatif
    Untuk melihat apakah efisiesi alokatif dicapai atau tidak, perlulah dilihat apakah alokasi sumber-sumber daya keberbagi kegiatan ekonomi/produksi telah dicapai tingkat yang maksimum atau_belum. Alokasi sumber-sumber daya mencapai efisiensi yang maksimum apabila dipenuhi syarat berikut : harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksi barang tersebut._Berarti untuk setiap kegiatan ekonomi, produksi harus terus dilakukan sehingga tercapai keadaan dimana “ harga = biaya marjinal ”. Dengan cara ini produksi berbagai macam barang dalam perekonomian akan memaksimumkan kesejahteraan masyarakat.

     Didalam jangka panjang perusahaan dalam persaingan sempurna akan mendapat untung normal, dan untung normal ini akan dicapai apabila biaya produksi adalah biaya yang paling minimum. Dengan demikian, sesuai dengan arti efisiensi produktif yang telah dijelaskan bahwa dalam jangka panjang efisiensi produktif akan selalu dicapai oleh perushaan dalam persaingan sempurna.

     Selain itu telah dijelaskan bahwa dalam pasar persaingan sempurna “ harga = hasil penjualan marjinal “. Dan didalam memaksimumkan keuntungan syaratnya adalah “ hasil penjualan marjinal = biaya marjinal “. Dengan demikian didalam jangka panjang kedepan keadaan ini akan berlaku “ harga = hasil penjualan marjinal = biaya marjinal “. Kesamaan ini membuktikan bahwa pasar persaingan sempurna juga mencapai efisiensi alokatif.

      Dari kenyataan diatas diketahui bahwa efisiensi produktif dan efisiensi alokatif akan dicapai didalam pasar persaingan sempurna.

2. KEBEBASAN BERTINDAK DAN MEMILIH
Dapat menghindari wujud konsentrasi kekuasaan pada sebagian golongan kecil di masyarakat. dimana tidak seorang pun mempunyai kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi dan jenis barang yang diproduksikan. Begitu pula dalam menentukan faktor-faktor produksi yang digunakan dalam masyarakat, efisiensilah yang menjadi faktor penentu pengalokasiannya.  

Dengan adanya kebebasaan untuk memproduksikan berbagai jenis barang, maka masyarakat mempunyai pilihan terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya. Dan masyarakat mempunyai kebebasan yang penuh atas pilihan yang akan dibuatnya dalam menentukan faktor-faktor produksi yang mereka miliki.

Kerugian dari Pasar Persaingan Sempurna :
1. PERSAINGAN SEMPURNA TIDAK MENDORONG INOVASI
      Dalam pasar persaingan sempurna teknologi dan barang hasil produksi dapat ditiru dengan mudah oleh perusahaan lain. Sebagai akibatnya suatu perusahaan tidak dapat meemperoleh keuntungan yang kekal dari mengembangkan teknologi dan teknik memproduksi yang baru tersebut. Oleh sebab itulah keuntungan dalam jangka panjang hanyalah berupa keuntungan normal, Karena walaupun pada mulanya suatu perusahaan dapat menaikkan efisiensi dan menurunkan biaya, perusahaan-perusahaan lain dalam waktu singkat juga dapat berbuat demikian. Ketidakkekalan keuntungan dari mengembangkan teknologi ini menyebabkan perusahaan-perusahaan tidak terdorong untuk melakukan perkembangan teknologi dan inovasi.
     Disamping oleh alasan yang disebutkan diatas, segolongan ahli ekonomi juga berpendapat kemajuan teknologi adalah terbatas dipasar persaingan sempurna karena perusahaan-perusahan yang kecil ukurannya tidak akan mampu untuk membuat penyelidikan untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik. Penyelidikan seperti itu sering kali sangat mahal biayanya dan tidak dapat dipikul oleh perusahaan yang kecil ukurannya.


2. PERSAINGAN SEMPURNA ADAKALANYA MENIMBULKAN BIAYA SOSIAL
Didalam menilai efisiensi perusahaan yang diperhatikan adalah cara perusahaan itu menggunakan sumber-sumber daya. Ditinjau dari sudut pandangnan perusahaan, penggunaannya mungkimn sangat efisien. Akan tetapi, ditinjau dari sudut kepentingan masyarakat, adakalanya merugikan.
3. MEMBATASI PILIHAN KONSUMEN
Karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahan adalah 100 persen sama, konsumenmempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
4. BIAYA DALAM PASAR PERSAINGAN SEMPURNA MUNGKIN LEBIH TINGGI
Didalam mengatakan biaya produksi dalam pasar persaingan sempurna adalah paling minimum,tersirat (yang tidak dinyatakan)pemisalan bahwa biaya produksi tidak berbeda. Pemisalan ini tidak selalu benar. Perusahaan-perusahaan dalam bentuk pasar lainnya mungkin dapat mengurangi biaya produksi sebagai akibat menikmati skala ekonomi,perkembangan teknologi dan inovasi.
5. DISTRIBUSI PENDAPATAN TIDAK SELALU RATA
Suatu corak distribusi pendapatan tertentu menimbulkan suatu pola permintaan tertentu dalam masyarakat. Pola permintaan tersebut akan menentukan bentuk pengalokasian sumber-sumber daya. Ini berarti distribusi pendapatan menentukan bagaimana bentuk dari penggunaan sumber-sumber daya yang efisien. Kalau distribusi pendapatan tidak merata maka penggunaan sumber-sumber daya (yang dialokasikan secara efisien) akan lebih banyak digunakan untuk kepentingan golongan kaya.
Pasar persaingan sempurna dapat diartikan sebagai suatu pasar yang seimbang (terdapat banyak penjual dan pembeli), dimana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar Keuntungannya :
a. Memaksimumkan efisiensi 
b. Kebebasan bertindak dan memilih 
Kerugiannya :
a. Tidak mendorong inovasi 
b. Menimbulkan biaya social 
c. Membatasi pilihan konsumen 
d. Biaya lebih tinggi 
e. Distribusi pendapatan tidak selalu merata  

Blogger news

English French German Spain
Italian Dutch Russian Portuguese
Japanese Korean